Senin, 17 Oktober 2011

Membuat Website Gratis dengan Weebly

Ingin membuat website pribadi atau website perusahaan/organisasi namun malas berurusan dengan tetek-bengek yang sophisticated seperti memilih CMS (content management system) yang tepat, desain situs, hosting, beli dan setting nama domain, atau memasang script shopping cart untuk toko online anda? Pusing membayangkan beratnya ongkos maintenance dan pengembangan situs dengan menggaji web administrator dan programmer, mengingat gaji seorang spesialis TI tidaklah sedikit? Padahal bisnis anda hanya UKM, atau fokus pemasaran perusahaan anda belum terlalu mengarah pada model pemasaran online?

Solusi praktis bagi masalah tersebut adalah mengontrak firma web design/developer yang melayani paket pembuatan situs web dengan ongkos tertentu sesuai besar dan rumitnya proyek. Alternatif lain adalah membuat website di layanan pembuatan website gratis Weebly. Weebly cukup memadai buat mereka yang ingin memiliki website sebagai online presence untuk menampilkan profil perusahaan atau organisasi di internet, membuat website ecommerce untuk melayani transaksi online dalam skala kecil/menengah, portfolio, website pernikahan, situs resmi kelas/sekolah, dan sebagainya.

Weebly adalah perusahaan penyedia layanan pembuatan website gratis secara online yang berbasis di San Francisco, Kalifornia, yang didirikan oleh David Rusenko, Dan Veltri, dan Chris Fanini. Pada awal tahun 2007, tim pendiri Weebly memperoleh modal ventura dari Y Combinator, sebuah program pendanaan ventura yang dibackup para investor kelas kakap dari lembah silikon, antara lain Rajeev Motwani, Mike Maples, Ron Conway dari Baseline Ventures (investor pertama Google saat raksasa mesin pencari itu baru berdiri), Aydin Senkut, dan Paul Buchheit (pencipta Gmail). Pada tahun 2007 itu pula Weebly memperoleh penghargaan sebagai website terbaik nomor 4 dalam list 50 website terbaik versi majalah Time.

Sebagai layanan pembuatan website online berbasis AJAX, Weebly berjalan pada mesin Fedora Core 5, dan kompatibel dengan sebagian besar web browser populer meliputi Internet Explorer 5.5 atau versi diatasnya, Mozilla Firefox v1.5 keatas, serta Opera 9. Pada Oktober 2008 Weebly telah kompatibel dengan browser Safari dan Google Chrome. Pada tahun yang sama Weebly menambahkan fitur WeeblyPro yang memungkinkan pemilik website di Weebly membuat halaman web yang dilindungi password, menambah limit ukuran file, dan layanan-layanan premium lainnya yang tidak terdapat pada versi gratisan.

Nilai plus Weebly buat pengguna awam adalah kemudahan dalam membuat halaman web. Anda tidak perlu memahami HTML, CSS, Javascript, client/server side scripting ... Halaman web Weebly dibangun menggunakan widget style format sehingga untuk membuat sebuah website, pengguna cukup memainkan klik mouse, drag & drop (geser dan letakkan) elemen-elemen yang dibutuhkan ke halaman yang anda buat. Sangat mudah bahkan untuk orang yang tidak tahu apa-apa soal web design. Elemen-elemen yang dapat ditambahkan pada halaman Weebly bervariasi, antara lain video, gambar, slideshow, forum, game, RSS feed, hingga shopping cart untuk menangani pembelian barang melalui situs anda dan mekanisme pembayaran online dengan PayPal atau Google Checkout.

Keunggulan Weebly dibanding layanan pembuatan website gratis lainnya adalah website yang anda buat di Weebly bebas dari tampilan iklan yang mengganggu dan menimbulkan kesan amatir. Layanan lain memasang iklan pada situs-situs yang dipublish di situ sebagai kompensasi atas layanan gratis yang mereka berikan. Weebly tidak melakukan hal tersebut. Mereka mendapatkan penghasilan dari layanan premium (WeeblyPro), bukan melalui iklan. Pengguna Weebly juga mendapatkan pilihan hingga lebih dari 70 desain situs siap pakai.

Layanan premium WeeblyPro memungkinkan pengguna mendapatkan fitur-fitur yang tidak tersedia pada versi gratisnya. Fitur-fitur yang tersedia pada layanan Pro antara lain pilihan untuk membeli custom domain (nama domain sesuai keinginan anda, misalnya www.namasitusanda.com), membuat halaman web yang dilindungi password, upgrade batas ukuran file, setup email yang berasosiasi dengan domain anda (mail@namasitusanda.com), dan, tentu saja, support yang lebih sigap dan ramah dari customer service mereka :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar