Senin, 21 Februari 2011

I’m as a Show Director

1. Mengikuti masa awal persiapan, meeting beebrapa kali dengan principal dalam hal ini client perusahaan atau EO.
2. Menyusun Program Outline untuk dibahas dalam meeting acara.
3. Membuat draft rundown script untuk keputusan-keputusan yang sudah diambil untuk susunan acara.
4. Membuat rundown final apabila susunan acara berdasarkan draft sudah di approve.
5. Mulai melakukan komunikasi dengan seluruh talent / artis/band, untuk membicarakan perihal kreatifitas pemanggungan, perihal teknis dan non teknis.
6. Melakukan komunikasi dalam meeting yang baik (sebisa mungkin di ruang yang private), meeting berkwalitas yaitu hingga seluruh tim kerja paham dan mengerti secara total apa maksud dan tujuan acara, bagaimana konsep dan mekanisme yang kita mau, hingga hal-hal teknis sound system, cue card dll.
7. Membuat Cue Card, hal ini biasanya saya serahkan kepada Stage Manager untuk membuat nya, dan melakukan briefing final dengan MC sebelum acara berlangsung. Dengan stage manager yang membuat cue card ini berguna agar Stage Manager juga dpt menijiwai acara ini dengan baik dan total, meyatukan emosi antara stage management dan talent.
8. Biasa nya pada saat Hari H sebelum rehearsal saya melakukan setup perlengkapan saya di FOH console sambil berkenalan dengan seluruh operator yang ada di FOH console, saya mulai melakukan re- brief singkat kepada seluruh operator yang berada di FOH console sambil saya check akhir technical di FOH.
9. Melakukan check teknis, Alat Komuniksi (HT / Clearcomm), sound, light, video dll.
10. Melakukan check props dan stage environment kepada stage manager di belakang panggung menggunakan Handy Talkie / clearcomm, sambil sekalian melakukan absensi kepada seluruh tim.
11. Menyaksikan GR yang dipimpin oleh stage manager, memberikan masukan-masukan dan revisi-revisi seperlunya kepada stage managr.
12. Apabila waktu memungkinkan maka saya pasti akan melakukan gladi bersih, atau latihan duplikasi acara, seluruh talent menggunakan sampel kostum nya masing-masing, urutan materi acara dijalankan sesuai urutan didalam rundown. Apabila waktu tidak memungkinkan maka saya biasa melakukan rehearsal per items, materi isi acara saya coba mulai dari materi yang krusial hingga materi yang lain nya. Biasa nya untuk rehearsal MC saya lakukan terakhir.
13. Selebihnya adalah review dengan client/promotor, stage team, berdoa bersama dan  memberikan motivasi terakhir kepada seluru tim, bersiap untuk meng eksekusi acara.
14. Goodluck Guys!!
 
*thx to backstage people

Tidak ada komentar:

Posting Komentar