Jumat, 25 Februari 2011

TEAM WORK

Pepatah mengatakan, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul adalah merefleksikan suatu TEAM WORK yang solid. Selain beban akan semakin ringan, hasil yang dicapai juga akan semakin optimal. Peranan Team Work sangat besar kontribusinya bagi tercapainya target / goal dari suatu Event Organizer. Dalam suatu Event Organizer tanpa adanya TEAM WORK yang tangguh, selain terbuka peluang menuju kegagalan, hasilnya pun tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. "Great achievement is usually born of great sacrifice, and is never the result of selfishness" Napoleon Hill. Untuk membangun TEAM WORK  yang tangguh maka :

1. VISI DAN MISI. Semua orang yang terlibat dalam Team Work harus benar - benar memahami dan mengerti dengan baik Visi dan Misi organisasi. Jika kondisi ini telah terpenuhi, selain akan menghilangkan sikap curiga / tidak percaya maka tujuan yang ingin dicapai akan semakain mudah direalisasikan karena semuanya telah terfokuskan / terkonsentrasikan dengan baik pada target / goal yang ingin dicapai.
2. SALING PERCAYA. Siapapun yang terlibat dalam suatu Team Work, harus mau membuka diri / transparan. Yang namanya rahasia, sedini mungkin disirnakan. Setiap permasalahan yang timbul, setiap orang dalam Team Work akan berusaha seoptimal mungkin memberikan solusi pemecahan. Jika senang akan sama - sama dinikmati dan begitu juga sebaliknya, jika susah akan sama - sama dipikul.
3. KESATUAN. Selalu tekankan dalam Team Work bahwa kita adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Ibarat sapu lidi. Jika bersatu akan memberikan manfaat tetapi jika dipisahkan, manfaatnya akan sirna. Ketika ada yang sakit maka spontanitas semua yang terlibat dalam Team Work juga akan merasakannya dan berusaha menyembuhkannya.
4. SALING MENGHORMATI. Dikarenakan Team Work adalah satu kesatuan yang tidak terpisah maka setiap orang yang berada dalam Team Work memiliki fungsi dan peranan yang sangat vital dan penting. Tidak ada satu hal pun yang logis dikatakan bahwa si A, B atau C lebih penting / vital peranannya jika dibandingkan dengan si D, E atau F. Didasarkan oleh kondisi ini maka siapapun yang terlibat dalam Team Work harus saling menghormati dan menghargai. Dan Jangan pernah membiarkan terjadinya team kecil dalam team work ya’ni adanya team kecil yang berusaha menjadi pahlawan dalam team work itu sendiri, karena itu akan menjadikan team work hancur karena kepentingan team kecil tsb.
5. POSITIVE THINKING. Ini adalah salah satu hal fundamental yang harus dimiliki dalam Team Work, yang menilai / menvonis baik tidaknya diri seseorang adalah didasarkan oleh apa yang dia kontribusikan dan bukan semata - mata hanya oleh penampilan luar.
6. LINGKUNGAN. Menciptakan lingkungan iklim kerja tim yang menyenangkan, dengan cara saling memberikan motivasi kepada sesama tim.
7. KOMUNIKASI. Komunikasi yang efektif antar sesame anggota tim agar tujuan bersama dapat tercapai, karena setiap anggota tim mempunya tugas yang berbeda-beda namun saling berhubungan dan saling ketergantungan.
8. KOMITMENT. Setiap anggota dibutuhkan komitmen yang tinggi demi tercapainya tujuan bersama didalam tim.
9. RITME. Menciptakan ritme bekerja yang menyenangkan bukan membosankan.
10. HANG OUT. Menjaga kebersamaan tidak hanya pada saat jam kerja, tetapi dengan pergi makan bersama atau kegiatan lainnya.
11. REWARD. Diperlukan adanya reward dan punishment terhadap setiap tugas yang diberikan, agar karyawan lebih bertanggung jawab dan dapat dihargai terhadap setiap tugasnya.
12. SARAN. Melakukan penilaian kinerja yang rutin didalam tim, dengan memberikan penilaian yang bersifat motivasi dan perbaikan dalam bekerja.
13. DISCUSS. Berbeda pendapat berarti bukan tidak benar, hanya saja dibutuhkan persepsi bersama untuk meraih tujuan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar